1.
Statistik dan Parameter
Statistic, adalah ukuran yang berlaku bagi sampel. Bentuk pluralnya adalah statistics, yang merupakan homograph dari statistika (statistics).
Parameter, adalah ukuran yang berlaku bagi populasi.
Contoh:
Ukuran
|
Parameter
|
Statistik
|
Sumber Data
|
N
|
n
|
Rata-rata Hitung
(Arithmatic Mean)
| ||
Variansi
|
S2
|
|
Simpangan Baku
|
S
|
2.
Populasi Tak Hingga, Terhingga,
Terjangkau, dan Tersedia
Undefinite Population,
adalah populasi dengan ukuran yang sulit untuk dihitung jumlahnya.
Kesulitan terjadi karena:
a. Jumlahnya secara riil memang tak terhingga
b. Jumlahnya sangat besar, sehingga peneliti
memerlukan waktu yang sangat lama untuk menghitungnya
c.
Jumlahnya dipengaruhi oleh variabel waktu yang belum
diketahui batasnya.
Dampaknya
populasi secara konseptual dapat didefinisikan tetapi ukurannya “tidak dapat”
ditentukan.
Contoh:
a. Jumlah
benda angkasa di alam semesta.
b. Jumlah
kendaraan yang lewat di jalanan kota Pontianak pada hari
Minggu.
c. Jumlah
pelanggan supermarket Garuda Mitra.
Definite Population,
adalah populasi yang ukurannya dapat dihitung biasanya dengan menambahkan
batasan (karakteristik) tertentu.
Populasi
ini dapat merupakan accessible maupun
nonaccessible population, tergantung
dari sumber daya yang dimiliki oleh peneliti, baik waktu, tenaga, maupun biaya.
Contoh: Siswa
SD se-Kalbar tahun 2007
Jumlah pelanggan Bank se-Kota Pontianak tahun 2006.
Reached/Accesible
Population, adalah populasi yang penentuan karakteristiknya dilakukan agar
jumlahnya dapat dijangkau oleh peneliti.
Contoh: a. Jumlah pelanggan supermarket Garuda Mitra pada
tanggal 26 Februari 2007.
b. Siswa
Kelas VIII SLTPN 2 Pontianak yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2006/2007
Available Population,
adalah populasi yang tersedia yang dapat dijadikan sumber data dalam
penelitian.
Terkadang
meskipun jumlah populasi dapat dijangkau misalkan untuk jumlah “Siswa Kelas
VIII SLTPN 2 Pontianak yang Terdaftar pada Tahun Pelajaran 2006/2007”. Namun ketika diadakan penelitian satu atau
beberapa orang diantaranya tidak dapat diteliti baik karena telah meninggal
dunia, berkunjung ke luar negeri, ataupun karena hal-hal lainnya. Sehingga yang dapat diteliti (tersedia)
jumlahnya jadi berkurang.
Jika
peneliti memperhitungkan hal ini, maka kondisi yang dianggap bakal berpengaruh
terhadap ketersediaan populasi sebaiknya dimasukkan sebagai karakteristik
populasi.
Contoh: Siswa
Kelas VIII SLTPN 2 Pontianak yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2006/2007 yang
tidak sedang berkunjung ke luar negeri.
3. Sampel
Random dan Non Random
Sample, adalah sebagian dari populasi yang digunakan
sebagai sumber data penelitian.
Sampel digunakan karena lebih efisien dibandingkan
menggunakan populasi sebagai sumber data antara lain dalam hal:
a.
Waktu
b.
Tenaga
c.
Biaya, atau
d.
Tingkat kerusakan yang lebih kecil
dengan efektivitas (tingkat akurasi) yang dapat
dikatakan sebagai ”sama baiknya”.
Random Sample, adalah sebagian dari
populasi yang diambil secara random sehingga memenuhi prinsip probabilitas,
baik yang bersyarat (conditional
probability) maupun tidak (unconditional
probability).
Teknik random
sampling ini dapat berupa:
a.
Simple
Random Sampling
b.
Stratified
Random Sampling
c.
Cluster
Random Sampling
d.
Proportional
Random Sampling.
Dalam
pelaksanaannya penentuan sampel secara random antara lain dapat menggunakan:
a.
Cara undian/arisan
b.
Tabel bilangan random
c.
Lemparan dadu
d.
Kalkulator
e.
Komputer.
Sampel
random adalah syarat bagi analisis data dengan menggunakan Statistika yang
berbasiskan Probability Theory.
Karena itu ia menjadi standard bagi penelitian kuantitatif.
Non Random Sample, adalah sebagian dari
populasi yang diambil tidak secara random.
Teknik non
random sampling ini dapat berupa:
a. Purposive Sampling
b. Accidental Sampling
c.
Quota Sampling.
Sampel
non random ini biasanya digunakan dalam penelitian kualitatif.
DOWNLOAD materi ini dan materi terkait:
http://www.ziddu.com/download/18900198/BASICLEVELSTATISTICS-BeberapaKonsepDasar.pdf.html
DOWNLOAD materi ini dan materi terkait:
http://www.ziddu.com/download/18900198/BASICLEVELSTATISTICS-BeberapaKonsepDasar.pdf.html
0 komentar:
Posting Komentar