A. Pendahuluan
Beberapa skripsi/laporan hasil PTRK telah dihasilkan oleh guru/mahasiswa calon guru di berbagai instansi dan perguruan tinggi.
Namun dalam proses pengajuan, pelaksanaan, dan penilaiannya ternyata ditemukan beberapa perbedaan yang cukup mendasar dari masing-masing pihak yang terlibat. Hal ini membuat penyelesaian penyusunan skripsi/laporan hasil PTRK menjadi lebih lama dari semestinya yang dapat dilakukan oleh guru/mahasiswa calon guru. Oleh karena itu perlu adanya suatu rujukan mengenai isi dan
sistematika skripsi/laporan hasil PTRK yang dapat dijadikan acuan bagi
pihak-pihak yang terlibat, sehingga perbedaan yang terjadi dapat diminimalisir
dan waktu penyusunan skripsi/laporan hasil PTRK menjadi lebih cepat.
B. Isi Skripsi/Laporan Hasil PTRK
1. Unsur-unsur Penting
Unsur-unsur yang penting dalam
suatu skripsi/ laporan hasil PTRK antara lain adalah:
a. Masalah
Masalah merupakan unsur penting
pertama dari skripsi/laporan hasil PTRK yang harus dideskripsikan secara
jelas. Elaborasi dari deskripsi itu
dengan sendirinya akan mencakup tentang data yang menunjukkan adanya masalah, setting
tempat terjadinya masalah dan juga analisis penyebab masalah. Argumentasi tentang pentingnya masalah untuk
diteliti dan dipecahkan baik ditinjau dari sudut kepentingan siswa maupun
pembelajaran secara umum juga perlu dicantumkan guna mendeskripsikan masalah.
b.
Upaya/Cara Pemecahan Masalah yang Ditawarkan
Upaya
pemecahan masalah juga perlu dike-mukakan di bagian awal skripsi/laporan hasil
PTRK meskipun masih bersifat perkiraan dan dituangkan secara garis besarnya
saja. Argumentasi sebagai dasar rasional
dari dipilihnya upaya/cara tersebut, juga perlu untuk
dikemukakan.
c.
Teori
yang Mendasari
Teori
(termasuk juga hasil penelitian terdahulu) diperlukan untuk memberikan
justifikasi terhadap penelitian yang dilakukan, terutama mengenai masalah dan
upaya/cara peme-cahaannya. Teori minimal
yang diperlukan adalah teori yang berkenaan dengan definisi
operasional/penjelasan istilah dari kedua hal tersebut.
d. Prosedur Penelitian
Prosedur
penelitian tergambar dari metode yang digunakan berserta rinciannya. Namun dari sudut PTRK sendiri, prosedur
penelitian sebenarnya terkait dengan prosedur pembelajaran yaitu: perencanaan (planning),
pelaksanaan (actuating), dan penilaian (observing & reflecting). Oleh karena itu prosedur PTRK minimal harus
mencantumkan ketiga hal tersebut.
e. Kesimpulan
Akhirnya
intisari dari hasil PTRK dituangkan dalam kesimpulan. Bagian ini juga merupakan unsur penting dari
skripsi/laporan hasil PTRK, karena pembaca yang tidak memiliki cukup waktu
membaca keseluruhan hasil penelitian, akan memilih bagian ini untuk dibacanya.
2.
Proporsi
Jika
diurutkan berdasarkan proporsinya, maka secara substantif yang paling banyak
memerlukan tempat dari suatu skripsi/laporan hasil PTRK adalah siklus-siklus
penelitiannya. Siklus-siklus dimaksud
pada hakikatnya adalah PTRK itu sendiri.
Namun dalam kenyataannya yang
mendapatkan porsi terbesar pada bagian isi skripsi/laporan hasil PTRK adalah
analisis datanya. Walaupun bagian ini
dituangkan sebagai bagian dari siklus, namun semestinya tidak mendominasi. Untuk itu sebagai jalan keluarnya, analasis
data cukup dipaparkan pokok-pokoknya saja, sedangkan rinciannya cukup dilampirkan.
Selain itu,
yang juga mendominasi adalah bagian awal (pendahuluan, teori, dan
metodologi). Pada penelitian biasa hal
tersebut merupakan suatu kewajaran, namun dalam PTRK hal tersebut dapat
mengaburkan substansi PTRK sebagai suatu proses perbaikan.
Pengaburan
makna yang lain juga terjadi pada penuangan kesimpulan yang lebih identik
dengan penelitian biasa. Mahasiswa
sebagai peneliti cenderung cukup puas dengan membuat kesimpulan bahwa setelah
dilakukan upaya tertentu maka masalah
dapat diatasi. Padahal dari sudut PTRK,
sekali lagi yang harus dimunculkan termasuk dalam kesimpulan adalah prosesnya,
yaitu bagaimana upaya tersebut dilakukan sehingga dapat memecahkan masalah.
C. Sistematika Skripsi/Laporan Hasil PTRK
Sistematika skripsi/laporan hasil
PTRK pada dasarnya adalah pengembangan dari format praproposal dan
proposal yang telah dipaparkan di BAB IV.
1. Format I
a. BAB I
PENDAHULUAN
1) Latar Belakang
Sesuai Format I Proposal.
2) Masalah dan Submasalah
Sesuai Format I Proposal.
3) Tujuan Penelitian
Sesuai Format I Proposal.
4) Definisi Istilah yang Digunakan
Sesuai Format I Proposal.
b. BAB II PELAKSANAAN TINDAKAN
1) Penyusunan Program Pembelajaran
Pada bagian
ini dijelaskan tentang:
a) Kegiatan mempelajari konsep pembela-jaran
yang telah dilakukan berkaitan dengan:
-
Mata
pelajaran apa?
-
Di kelas
berapa?
-
Semester
berapa?
-
Jumlah
jam pelajaran.
- Konsep dan sub konsep (materi dan rincian materi
pembelajaran) apa yang akan diajarkan.
b) Penjelasan langkah-langkah mengaitkan konsep
pembelajaran dengan upaya/cara yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah.
c)
Program yang telah disusun yang meliputi:
-
Penyusun:
AMP, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, atau RPP.
-
Format
program yang digunakan.
2) Penyajian Pembelajaran
Pada bagian ini perlu dijelaskan
mengenai:
a) Persiapan yang dilaksanakan (diluar
penyusunan program) yang dilakukan sebelum pembelajaran dilakukan.
b) Kegiatan
pembelajaran yang dilakukan, terkait dengan:
- Kegiatan awal.
- Kegiatan inti.
- Kegiatan akhir.
c) Kegiatan ko kurikuler maupun ekstra kurikuler
yang dikerjakan (jika ada).
d) Tindak
lanjut yang dilakukan, yang mencakup:
-
Kegiatan
remedial.
-
Kegiatan
pengayaan (perluasan/pen-dalaman).
3) Penilaian Pembelajaran
Pada bagian
ini dijelaskan mengenai:
a) Apakah
dilakukan penilaian proses dan hasil pembelajaran atau salah satunya saja.
b) Apakah dilakukan dengan teknik:
-
Tes
(tulisan, lisan, perbuatan).
-
Non tes
(angket, wawancara, observasi atau studi dokumen).
c)
Bentuk alat pengumpul data yang digunakan seperti:
- Apakah menggunakan tes subjektif/ essay (dengan
jawaban bebas atau terbatas), atau tes objektif (dengan pilihan ganda, B-S,
menjodohkan, dll).
- Apakah menggunakan angket terstruktur atau tidak, apakah
menggunakan angket dengan jawaban tertutup atau terbuka, apakah menggunakan
wawancara terstruktur atau tidak terstruktur (menggunakan mechanical device
atau tidak), apakah menggunakan observasi langsung (baik dengan menggunakan mecha-nical
device atau tidak) atau observasi tidak langsung.
d) Langkah-langkah
pelaksanaan (prosedur) penilaian yang telah dilakukan.
c. BAB III LAPORAN PEMBELAJARAN
Laporan pembelajaran pada
dasarnya:
1) Berisikan:
a) Data.
b) Analisis data, dan
c) Pembahasannya.
2)
Merupakan penuangan dari tahapan “Refleksi”.
3) Dapat berisikan:
a)
Laporan Proses Pembelajaran (Penilaian Proses).
b) Laporan Hasil Pembelajaran (Penilaian
Hasil).
4) Dituangkan menurut urutan siklus
pembelajaran
CATATAN: a) Jumlah siklus tidak mengikat, tergantung dari
seberapa memuaskan hasil yang didapat oleh peneliti (mengikuti prinsip
kejenuhan data pada penelitian kualitatif).
b) Siklus pembelajaran tidak berulang, sehingga
tidak menggunakan materi yang sama (memenuhi syarat keajegan/reliabilitas dari
efek tindakan, selain itu pengulangan pembelajaran pada materi yang sama jelas
akan membuat hasil belajar lebih baik – ingat teori re-petisi dalam
pembelajaran dan teori S-R – sehingga perbaikan bukan merupa-kan efek independent
dari treatment tetapi merupa-kan efek kumulatifnya – perhatikan pemberian treatment
ulang pada Experimental Design).
d. BAB IV PENUTUP
1) Kesimpulan
Pada bagian ini dicantumkan
kesimpulan yang pada dasarnya merupakan “Refleksi Akhir” dan secara substansial
merupakan jawaban terhadap masalah dan sub masalah (fokus dan pertanyaan
penelitian).
2) Saran-saran
Saran yang
dicantumkan dapat ditujukan untuk:
a) Penelitian
lanjutan.
b) Pimpinan
sekolah.
c) Sesama
rekan guru PAI.
c) Pihak
Diknas, Depag, Prodi, Jurusan, Fakultas, maupun Perguruan Tinggi.
2. Format
II
a. BAB I PENDAHULUAN
1) Latar Belakang
Sesuai
Format II Proposal.
2) Masalah dan Submasalah
Sesuai
Format II Proposal.
3) Tujuan dan Manfaat Penelitian
Sesuai
Format II Proposal.
b. BAB
II TEORI DAN HIPOTESIS
1) Teori Dasar
Pada
bagian ini dipaparkan teori-teori maupun hasil penelitian terdahulu yang
terkait dengan:
a) Pengertian
dari konsep-konsep utama.
b) Kaitan antar konsep utama.
2) Hipotesis Tindakan
Sebagaimana
yang telah dipaparkan sebelum ini, hipotesis tindakan dapat dirumuskan dalam
bentuk:
a) Hipotesis
alternatif (Ha) yang menya-takan:
- “Terdapat
hubungan yang signifikan antara … dengan …”.
- “Terdapat
pengaruh yang signifikan dari … terhadap …”.
- “Terdapat
perbedaan yang signifikan dalam hal … sebelum dan setelah …”.
b)
Hipotesis kerja (Hk) yang menyatakan, “Dengan
melakukan …. maka akan terjadi …” atau “Jika … maka …”.
c. BAB III PELAKSANAAN TINDAKAN
1) Penyusunan Program Pembelajaran
Sesuai BAB II Format I Skripsi/Laporan hasil PTRK.
2) Penyajian Pembelajaran
Sesuai BAB II Format I Skripsi/Laporan hasil PTRK.
3) Penilaian Pembelajaran
Sesuai BAB
II Format I Skripsi/Laporan hasil PTRK.
d. BAB IV LAPORAN PEMBELAJARAN
1) Laporan Proses Pembelajaran
Sesuai BAB III Format I Skripsi/Laporan hasil PTRK.
2) Laporan Hasil Pembelajaran
Sesuai BAB
III Format I Skripsi/Laporan hasil PTRK.
e. BAB V PENUTUP
1) Kesimpulan
Sesuai BAB
IV Format I Skripsi/ Laporan hasil PTRK.
2) Saran-saran
Sesuai BAB
IV Format I Skripsi/Laporan hasil PTRK.
3. Format
III
a. BAB I PENDAHULUAN
1) Latar
Belakang
Sesuai Format III Proposal.
2) Identifikasi
Masalah
Sesuai
Format III Proposal.
3) Pembatasan Masalah
Sesuai
Format III Proposal.
4) Rumusan Masalah dan Submasalah
Sesuai Format
III Proposal.
5) Tujuan Penelitian
a) Tujuan Umum
Sesuai Format III Proposal.
b) Tujuan Khusus
Sesuai Format III Proposal.
6) Manfaat Penelitian
a) Manfaat Teoritis
Sesuai Format III Proposal.
b) Manfaat Praktis
Sesuai Format III Proposal.
b. BAB
II LANDASAN TEORI
1) Hasil Penelitian Terdahulu
Sesuai
Format III Proposal.
2) Kajian Teori
Sesuai
Format III Proposal.
3) Kerangka Pikir
Sesuai
Format III Proposal.
4) Hipotesis Tindakan
Sesuai
Format III Proposal.
c. BAB III METODE PENELITIAN
1) Jenis Penelitian
Sesuai
Format III Proposal.
2) Variabel dan Definisi Operasional
Sesuai
Format III Proposal.
3) Populasi Penelitian
Sesuai
Format III Proposal.
4) Waktu dan Tempat Penelitian
Sesuai
Format III Proposal.
5) Teknik dan Alat Pengumpulan Data
Sesuai
Format III Proposal.
6) Teknik Analisis Data
Sesuai
Format III Proposal.
d. BAB IV DATA, ANALISIS, DAN PEMBAHASAN
1) Siklus Pertama
a) Penyusunan Program Pembelajaran
Penyusunan program pembelajaran dalam penelitian tindakan
secara umum disebut dengan tahapan “Planning”.
Isi yang dituangkan sesuai BAB II Format I Skripsi/Laporan
hasil PTRK.
b) Penyajian Pembelajaran
Penyajian pembelajaran dalam
penelitian tindakan secara umum disebut dengan tahapan “Actuating”.
Isi yang
dituangkan sesuai BAB II Format I Skripsi/Laporan hasil PTRK.
c) Penilaian Pembelajaran dan Hasilnya
Penilaian
pembelajaran dalam penelitian tindakan secara umum disebut dengan tahapan “Observing”.
Isi yang dituangkan sesuai BAB II Format I
Skripsi/Laporan hasil PTRK.
d) Analisis dan Pembahasan Proses/Hasil
Pembelajaran
Analisis dan pembahasan
proses/hasil pembelajaran dalam penelitian tindakan secara umum disebut dengan
tahapan “Reflecting”.
Isi yang dituangkan dapat
disesuaikan BAB III Format I Skripsi/Laporan hasil PTRK.
2) Siklus Kedua
Siklus kedua dilakukan sebagai
tindak lanjut dari refleksi siklus pertama, jika hasil yang diharapkan belum
tercapai, atau sudah tercapai tetapi belum membuat peneliti merasa yakin. Langkah-langkah yang dila-kukan adalah sama,
yaitu:
a) Penyusunan program pembelajaran.
b) Penyajian pembelajaran.
c) Penilaian pembelajaran dan hasilnya.
d) Analisis dan pembahasan.
Namun pada siklus kedua ini
dilakukan dengan materi dan waktu yang berbeda sesuai program tahunan/semester
yang dibuat dan dalam konteks tindakan. Siklus ini dapat dilakukan dengan:
a) Prosedur yang sama jika hasil siklus
sebelumnya sudah sesuai dengan yang diharapkan, tetapi peneliti belum merasa
yakin.
b) Prosedur yang telah direvisi/dimodifikasi
jika hasil belum sesuai dengan yang diharapkan.
3) Siklus Ketiga
Siklus ketiga pada dasarnya
merupakan tindak lanjut dari refleksi siklus kedua, yang juga berisikan
tahapan:
a) Penyusunan program pembelajaran.
b) Penyajian pembelajaran.
c) Penilaian pembelajaran dan hasilnya.
d) Analisis dan pembahasan.
e. BAB V PENUTUP
1) Kesimpulan
Sesuai BAB V
Format II Skripsi/Laporan hasil PTRK.
2) Saran-saran
Sesuai BAB V
Format II Skripsi/Laporan hasil PTRK.
D. Bahan
dan Tata Tulis Skripsi/Laporan Hasil PTRK
Bahan dan
tata tulis skripsi/laporan hasil PTRK sebagaimana yang dimaksudkan pada
Petunjuk Praktis ini, mengacu pada ketentuan bahan dan tata tulis sebagaimana
yang tertuang pada “Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Nasional” dan ”Ejaan –
Bahasa Indonesia – Yang Disempurnakan (EYD)” atau ”Pedoman Penulisan Skripsi
STAIN Pontiank”. Selain itu semestinya
tiap guru/calon guru mengacu pada pedoman penulisan skripsi/laporan hasil PTRK
yang berlaku di instansi/perguruan tinggi masing-masing jika sudah ada.
DOWNLOAD file-file lengkap PTRK dalam bentuk e-book dengan meng-click link berikut:
http://www.ziddu.com/download/19009813/PenelitianTindakandiRuanganKelasPTRK.pdf.html
DOWNLOAD file-file lengkap PTRK dalam bentuk e-book dengan meng-click link berikut:
http://www.ziddu.com/download/19009813/PenelitianTindakandiRuanganKelasPTRK.pdf.html
0 komentar:
Posting Komentar